Make Your Own Office

5 Juli 2019 | Tips
Image

Membuat ruang kerja di rumah sangat penting dilakukan untuk membuat Anda lebih fokus dalam bekerja. Namun, bagaimana agar kita tidak terganggu dengan orang rumah dan begitu juga sebaliknya? Bagaimana juga agar privasi rumah kita tetap terjaga apabila ada rekan kerja yang berkunjung di kantor pribadi Anda? Berikut tipsnya.


1) Buat Ruangan Kantor yang Terpisah


Membuat ruang kerja di rumah tidak perlu harus dengan membangun sebuah ruangan khusus dengan desain seperti di kantor yang sesungguhnya. Namun, Anda hanya perlu memanfaatkan sisa-sisa ruangan seperti bawah tangga, kamar yang tidak ditempati, lorong ataupun membuat sekat buatan di ruangan yang terlalu luas.


Jika di dalam rumah tidak ada ruangan khusus yang bisa dimanfaatkan, dan memaksa Anda untuk membuat ruang kerja dengan berbagi ruangan, maka usahakan ruangan yang berdampingan dengan ruang kerja Anda kondusif. Dalam artian bukan ruang bermain anak atau ruang TV yang Anda jadikan pilihan. Anda bisa memanfaatkan basement atau ruang baca atau bahkan kamar jika ukurannya tidak terlalu sempit. Cukup berikan sekat seperti lemari atau tambahkan tembok dari kayu agar Anda bisa lebih fokus.


2) Buat Senyaman Mungkin

Image

Anda bisa mendekor ruang kerja pribadi Anda layaknya suasana kantor yang sesungguhnya dengan menambahkan wallpaper dan beberapa interior kantor. Tujuannya agar Anda tetap merasakan suasana kantor dan terjaga fokusnya walaupun Anda bekerja di rumah sendiri. Penambahan hiasan seperti bunga perlu dilakukan untuk membuat Anda tidak teralu stress. Mengingat tujuan membuat ruang kerja di rumah bukanlah untuk membawa perasaan stress atau tertekan yang biasa ada di kantor.


3) Jangan Biarkan Sembarang Orang Masuk

Image

Menjaga privasi ruang kerja Anda tetap terjaga sangatlah penting. Karena disanalah Anda melakukan mayoritas aktivitas pekerjaan. Sehingga akan ada banyak sekali file-file penting yang tidak boleh diketahui semua orang. Hal ini juga menjaga dari kemungkinan anak-anak yang bermain di ruang kerja Anda lalu menghilangkan dokumen penting yang Anda butuhkan. Kalau sudah begitu, akan jadi susah bukan? Oleh karena itu kondisikan selalu agar orang-orang yang tidak berkepentingan tidak keluar masuk ruang kerja Anda terutama ketika Anda sedang tidak berada di dalamnya, walaupun itu masih bagian dari rumah Anda.


4) Akses Penunjang Kerja Terpenuhi

Image

Jangan melupakan faktor penting ini dalam mempersiapkan ruang kerja pribadi Anda. Akses penunjang yang dimaksud adalah seperti akses internet telepon, dan penunjang lainnya. Karena walaupun Anda bekerja di dalam rumah, Anda harus tetap profesional layaknya bekerja di kantor secara formal.


5) Usahakan Ramah Pengunjung


Jika ruang kerja Anda cukup luas, maka usahakan memberikan beberapa kursi tambahan atau membuat ruang tunggu khusus sebagai antisipasi jika ada rekan kerja yang ingin bertemu. Mengapa tidak disuruh menunggu di ruang tamu saja? Hal itu juga boleh dilakukan jika memang tidak ada ruang lagi. Namun maksud dari membuat ruang tunggu khusus untuk rekan kerja Anda adalah untuk menunjukkan kesan serius pada ruang kerja walaupun lokasinya bersatu dengan rumah. Selain itu, juga bisa membuat rekan kerja Anda nyaman karena tidak perlu mengganggu atau bertemu anggota keluarga Anda yang lainnya.


Membuat ruang kerja di rumah senyaman mungkin adalah impian kebanyakan orang. Karena walaupun bekerja setiap hari, namun tetap bisa berdekatan dengan keluarga. Anda juga tidak perlu merasakan panas dan macetnya jalanan jika memiliki kantor pribadi. Namun kembali kepada konsep awal. Ketika Anda memilih untuk membuat kantor pribadi di dalam rumah, maka usahakan untuk tetap menjadikan Anda fokus dan nyaman dalam bekerja dengan tips-tips di atas.

Jl. Raya Parung Kav. 522, Kec. Kemang, Kab. Bogor


Phone : 0251-7532230
EXCLUSIVITY SALES & MARKETING by KEMANG VALLEY
INFO@KEMANGVALLEY.COM
LEGAL & PRIVACY POLICY The complete offering terms are in an offering plan available from the sponsor.


© 2019 - 2020 Kemang Valley | All Right Reserved

Social Media :